2/24/2011

Pencegahan Penyakit dengan Gaya Hidup Sehat

Tips Sehat Secara Alami, Mudah dan Murah
Tips Sehat Ibu Hamil
Bangun Tidur, Tidur Lagi, Bangun...
Tips Sehat Alami Agar Badan Selalu Sehat
Hidup tanpa sakit, duh terbayang betapa nyamannya. Ada sebagian dari kita memang selalu sembrono dalam kehidupan ini. Ada banyak kelakuan buruk yang selalu menghiasi perjalanan hidup kita.

Seringkali kita menjalani hidup ini tanpa ada upaya pencegahan penyakit. Segala hal dapat dilakukan tanpa harus bersusah payah melakukan pengobatan, bila sebelumnya kita sudah melakukan pencegahan penyakit.

Gaya Hidup Sehat

Pola kehidupan yang salah mengakibatkan banyak orang yang terjebak dalam gaya hidup tidak sehat. Padahal gaya hidup sehat merupakan salah satu cara pencegahan penyakit. Untuk dapat menerapkan pola atau gaya hidup sehat, setidaknya kita harus tahu hal-hal terkait dengan gaya hidup sehat. Dalam hal ini kita dapat mengatakan bahwa gaya hidup sehat dapat kita terapkan dengan langkah-langkah berikut:

• Makan makanan secara proporsional

Makan adalah satu langkah konkrit untuk menjaga eksistensi diri kita. Dengan makan, maka tubuh kita memperoleh suplay tenaga sebab makanan yang kita masukan ke dalam tubuh akan mengalami proses metabolism. Proses metabolism ini adalah proses yang terjadi dalam tubuh kita sehingga makanan yang kita makan dirubah menjadi energi dan panas tubuh.

Makanan memang komponen penting bagi tubuh kita sebab pada saat makanan mengalami metabolism, pada saat itulah energi yang dihasilkan dipergunakan sebagai tenaga untuk memperbaiki bagian tubuh kita yang rusak atau letih. Hal ini berarti tubuh telah melakukan pencegahan penyakit secara otomatis.

• Menerapkan konsep, makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang

Makanlah saat kita lapar dan berhentilah sebelum kita kekenyangan. Konsep ini sangat perlu kita lakukan agar organ tubuh kita bekerja secara proporsional. Jika kita makan saat lapar, maka seluruh makanan akan diproses oleh tubuh dan dipergunakan secara maksimal untuk tubuh. Berhenti makan sebelum kenyang memungkinkan tubuh bekerja sesuai dengan kemampuannya. Oleh karena itulah, kita harus menerapkan konsep ini sebaik-baiknya.

• Istirahat yang cukup

Istirahat adalah saat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan refreshing. Hal ini menjadi penting sebab pada saat istirahat tersebut berbagai komponen tubuh kita mengendorkan syarafnya. Dengan demikian tubuh telah melakukan pencegahan penyakit secara otomatis.

Istirahat untuk mengendurkan ketegangan yang diderita oleh bagian tubuh kita sehingga dapat rileks. Dalam kondisi rileks tersebut, maka seluruh komponen tubuh terhindar dari keletihan yang berlebihan. Dan, jika komponen tubuh terlalu letih, maka hal tersebut sangat memungkinkan menjadi penyebab sakit, keletihan yang sarat menyebabkan tubuh tidak mempunyai kemampuan pencegahan penyakit secara maksimal.

Kita memerlukan istirahat yang cukup agar seluruh bagian tubuh selalu fresh. Kondisi inilah yang memungkinkan kita dapat melakukan aktivitas hidup secara maksimal. Dalam kondisi fresh, berarti upaya pencegahan penyakit dapat dilakukan oleh seluruh bagian tubuh kita

Cukup mudah bukan? Mulailah dari sekarang. Pencegahan penyakit jauh lebih baik daripada mengobati.

1 comments:

Unknown said...

Cegahlah sedini mungkin broo

Post a Comment

Ya

 
Copyright © 2011. WEBBLOG ADRIANA . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates